Archive

Archive for November, 2007

Setting OpenGL untuk Microsoft Visual C++ 6.0

November 28, 2007 5 comments

Kebetulan kemaren dapet tugas buat game Othello. Tapi yang aneh adalah aturannya ndak kayak othello yang sebenarnya (hehehee, aturannya lebih flexible). Ndak tau kenapa kok kepengin nyoba bikin game itu pake OpenGL, itung-itung smester ini mungkin smester terakhirku buat having fun, soalnya smester depan sudah mau kena Tugas Akhir, Hiks..sad

Oke dah setelah nyari-nyari tutorialnya ternyata sangat gampang sekali act-up.png (Namanya juga Windows, hehehee) tapi bikin programnya yang susah (ya iyalah.. ). Oke Hajimemashou

Step 1 : Pastikan Header untuk OpenGL dah ada di Folder Library MS Visual C++ tersebut (kalo ndak ada ya download bigsmile) , ex : di direktori :

C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL

Pastikan Di Dalam Direktori tersebut terdapat 3 File Library :

  1. GL.H
  2. GLAUX.H
  3. GLU.H

Step 2 : Pastikan File Library nya ada di Direktory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Lib .

File-file library ini meliputi :

  1. GLAUX.LIB
  2. GLU32.LIB
  3. GLUT32.LIB
  4. GLUT.LIB
  5. OPENGL32.LIB

Step 3 : Pastikan juga File .dll untuk OpenGL ada di C:\windows\system32, meliputi :

  1. GLU32.DLL
  2. GLUT32.DLL
  3. GLUT.DLL
  4. OPENGL32.DLL

Step 2 : Membuat Project di MS Visual C++ dengan jenis project Win32 ApplicationStep 3 : Membuat Link ke Library OPenGL, caranya :

  1. Buka menu Project > Setting pada Visual C++ anda
  2. Klik pada Tab “LINK”
  3. di bawah “Object/Library Modules” di permulaan baris (sebelum kernel32.lib) tambahkan : OpenGL32.lib GLu32.lib dan GLaux.lib
  4. Klik OK

Step 4 : Tambahkan header-header untuk OpenGL pada program yang anda buat, yang meliputi :

#include <windows.h> //kalo belum ada

#include <gl\gl.h>

#include <gl\glu.h>

#include <gl\glaux.h>

Kalo Udah Tinggal buat program untuk pemakaian OpenGLnya.

Nakushita Kotoba / The Lost Words

November 26, 2007 1 comment

Kono ryoute ni kakaete iru mono  toki no shizuku
Sotto nigirishimete wasureta kioku  nakushita kotoba
Hitotsu hitotsu omoidaseba subete wakatte ita ki ga shite ita no ni
Iroaseta kotoba wa boku no sugu soba ni oite atta
Kotae no denai yoru to  hitohira no nukumori to  haruka kanata no akogare to
Tada sore dake wo kurikaeshi  boku wa ikite iru
Kono ryoute ni kakaete iru mono  toki no shizuku
Sotto nigirishimete wasureta kioku  nakushita kotoba
Anata ga omou koto wo  sameru koto naku temoto ni tsukamitai no ni
“Hito” daru bokutachi wa  sono kimochi wo wakachi aenai mama
Kotoba ga hanatsu imi wo  tatoe no nai omoi wo  kotaeru koto no nai kanjou wo
Mitsumeaeba tsutawaru koto ga dekitara ii no ni na
Kono ryoute ni kakaete iru mono  toki no shizuku
Sotto nigirishimete wasureta kioku  nakushita kotoba
Kono omoi wa mune ni shimatte okou
“Nakushite shimatta…”

I’m holding a drop of time in my hands
I quietly grip the forgotten memories, the lost words
When I recalled each event one by one, I thought I understood everything
But the faded words were right by my side
Nights when I can’t find an answer, and a single drop of warmth, and my longing for something far away
I’m spending my whole life just repeating those things over and over
I’m holding drops of time in my hands
I quietly grip the forgotten memories, the lost words
I want to grab all the things you love in my hand, never letting them cool down
While we, as people, are unable to share that feeling
The meaning your words release, an unquestionable love, a feeling that has no answers
If only we could convery all that just by looking at each other
I’m holding drops of time in my hands
I quietly grip the forgotten memories, the lost words
I’ll keep this love in my heart
I’ve lost you…

Pusing Nyeting NS REcord nya DNS

November 20, 2007 Leave a comment

NS Records

NS records define authoritative name servers for a zone. The right side must include a name to which an IP address is assigned by an A record. The right side must not include a synonym, i.e., an NS record must not point to a CNAME record.
There are always identical NS records in two databases:
1. In the database of a superordinate zone. These NS records delegate authority to a
subordinate name server.
2. In the database of subordinate zone. Database on subordinate zone contains
authoritative data for zone only.

If the domain name of the subordinate name server is in a subordinate domain, a glue A record with the IP address of the name server must follow this NS record. This is necessary because the superordinate name server has to know a link to the IP address of the subordinate name server. This link is included as additional information in its DNS response. The same NS records are in the database in an authoritative name server for the zone, i.e., according to the terminology of the previous paragraph in the lower-level name server.

Example 5:
An authoritative name server of a higher-level zone, company.com, delegates authority for the domain, branch.company.com, to the ns.branch.company.com server. As the subordinate name server is a part of the subordinate domain, it is necessary to add a glue A record (nonauthoritative) in the superordinate zone for the ns.branch.company.com computer:

company.com   IN   SOA     …
IN   NS        ns.provider.net.
IN   NS        ns.company.com.

ns                       IN   A          11.1.1.1
branch               IN  NS         ns.company.com.
IN  NS         ns.branch.company.com.
ns.branch          IN A            11.2.2.2

The name server of the branch.company.com domain, i.e., the authoritative name server of a ower-level domain has the following database available:

branch.company.com   IN   SOA   …
IN   NS      ns.company.com.
IN   NS      ns.branch.company.com.

ns                                    IN   A        11.2.2.2

Again, it is necessary to point out that it is a good idea to type the full domain address with a dot at the end on the right side of NS records.

Install Bootsplash dan BackGround buat TTY (fbsplash)

November 5, 2007 5 comments

Hari Gini TTY nya masih Hitam, kelam ?? Heheheee Katrox Lu. Ayuuk bikin Bootsplash dan BackGround buat TTY mu bigsmile. Buat yang belum pernah liyat nie ada snapshotnya (gimana capturenya ya ?) . Kalo di Ubuntu mungkin namanya fbsplash, hmm… ndak tau deh.

splash silentbootsplash

Agak susah sih, soalnya kudu compile kernel juga hiks sad (semangat!!) Kalo sekedar bootsplash sih ndak perlu compile kernel. Untuk kernel terakhir yang disupport adalah kernel 2.6.21. Oke Hajimemashou -> Mari Kita Mulai

  1. Domwload/install, extract, dan buat symlink kernel source (saya pake yang kernel source 2.6.20 aja)
    • # apt-get install linux-source-2.6.20
    • # cd /usr/src
    • # tar -xjvf linux-source-2.6.20
    • # ln -s linu-source-2.6.20 linux
  2. download dan extract patch untuk bootsplash (letakkan di folder /usr/src/linux-2.6.20) dengan perintah wget
    • # wget ftp://ftp.bootsplash.org/pub/bootsplash/kernel/bootsplash-3.1.6-2.6.20.diff.gz
    • # gunzip bootsplash-3.1.6-2.6.20.diff.gz
    • # patch -p1 < bootsplash-3.1.6-2.6.21.diff
  3. Selanjutnya adalah proses mengkompile kernel. Karena kita hanya melakukan sedikit perubahan saja, maka lakukan perintah make oldconfig, kemudian kita baru mengkonfigurasi setingan untuk bootsplash. Pastikan library ncurses anda telah terinstall untuk menampilkan menu nya.
    • # make oldconfig
    • # make menuconfig
    • Ubah settingan pada menu menjadi built in <*> pada setingan :
      • Device Drivers ---> Graphics support ---> Console display driver support ---> Framebuffer Console support
      • Device Drivers ---> Graphics support ---> VGA 16-color graphics Support dan VESA VGA Graphics Support
      • Device Drivers --> Block devices --> RAM disk support
    • Ubah settingan pada menu menjadi exclude [ ] pada setingan :
      • Device Drivers ---> Graphics support ---> Enable Tile Blitting Support
      • Kernel Hacking ---> Kernel Debugging
    • Kalo settingan dah dirasa cukup (kali aja pengin ngubah2 setting yang laen) trus di save.
  4. Sekarang waktunya Bikin Kernel baru dan kernel headernya 🙂
    • # make-kpkg --initrd --append-to-version=-bootsplash kernel_image kernel_headers
    • Tunggu sampe beberap menit/jam tergantung spesifikasi computermu, bila masih gagal coba ubah settingan lainnya, terlebih dahulu bersihkan file object-object dengan perintah :
      • # make clean
    • Ulangi langkah 3 dan 4 hingga berhasil. Bila telah berhasil akan muncul paket linux-image-versi.kernel-baru.deb dan linux-header-versi.kernel-baru.deb pada direktori /usr/src
  5. Kalo dah berhasil build kernel image dan kernel headernya maka langkah selanjutnya adalah menginstall kernel baru tersebut
    • # dpkg -i /usr/src/linux-image-versi.kernel-baru.deb
    • # dpkg -i /usr/src/linux-header-versi.kernel-baru.deb
  6. Trus update grubnya kalo belum terupdate (harusnya sih dah otomatis)
    • # /usr/sbin/update-grub
  7. Langkah Berikutnya adalah menginstall bootsplash dan theme-nya, untuk pengguna debian bisa langsung pake perintah :
    • # apt-get install bootsplash bootsplash-theme-debian
  8. Config bootsplash defaultnya ada di folder /etc/default/bootsplash dan theme nya terinstall di /etc/bootsplash/themes.
  9. Copy file intrd kernel baru anda ke initrd.splash
    • # cp  /boot/initrd.img-versi.kernel-baru /boot/initrd.splash
  10. Jalankan perintah untuk meng-attach image ke initrd
    • # /usr/sbin/splash -s -f /etc/bootsplash/themes/current/config/bootsplash-1024x768.cfg >> /boot/initrd.splash
  11. Jangan Lupa untuk mengupdate isi /boot/grub/menu.lst dengan editor vim kesayangan anda
    • # vim /boot/grub/menu.lst
    • Edit dibagian section kernel yang baru saja anda build, tambah opsi :
      • video=vesafb:ywrap,mtrr:3,1024×768-16 vga=791 splash=silent
    • Contoh Lengkapnya misalnya seperti ini :
      • title Ubuntu, kernel 2.6.20.3-ubuntu1-bootsplash
        root (hd1,0)
        kernel /boot/vmlinuz-2.6.20.3-ubuntu1-bootsplash root=UUID=991eb8ff-3813-47b7-8d8d-7f7284b413d4 video=vesafb:ywrap,mtrr:3,1024×768-16 vga=791 splash=silent
        initrd /boot/initrd.splash
        quiet
        savedefault
  12. Restart Komputer anda dan pergunakan Kernel hasil Kompilasi tadi. Akan terlihat bootsplash dengan progress bar, dimana pesan2 dari kernel tidak ditampilkan karena berada pada mode silent. Untuk menampilkan pesan2 kernel tekan tombol F2 atau ubah parameter silent menjadi verbose di /boot/grub/menu.lst. Bootsplash mode verbose tersebut nantinya akan menjadi background TTY mu.
  13. Sekian, Selamat mencoba act-up.png
Categories: Linux and Networking