Home > Game and CG > Setting OpenGL untuk Microsoft Visual C++ 6.0

Setting OpenGL untuk Microsoft Visual C++ 6.0

Kebetulan kemaren dapet tugas buat game Othello. Tapi yang aneh adalah aturannya ndak kayak othello yang sebenarnya (hehehee, aturannya lebih flexible). Ndak tau kenapa kok kepengin nyoba bikin game itu pake OpenGL, itung-itung smester ini mungkin smester terakhirku buat having fun, soalnya smester depan sudah mau kena Tugas Akhir, Hiks..sad

Oke dah setelah nyari-nyari tutorialnya ternyata sangat gampang sekali act-up.png (Namanya juga Windows, hehehee) tapi bikin programnya yang susah (ya iyalah.. ). Oke Hajimemashou

Step 1 : Pastikan Header untuk OpenGL dah ada di Folder Library MS Visual C++ tersebut (kalo ndak ada ya download bigsmile) , ex : di direktori :

C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Include\GL

Pastikan Di Dalam Direktori tersebut terdapat 3 File Library :

  1. GL.H
  2. GLAUX.H
  3. GLU.H

Step 2 : Pastikan File Library nya ada di Direktory C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VC98\Lib .

File-file library ini meliputi :

  1. GLAUX.LIB
  2. GLU32.LIB
  3. GLUT32.LIB
  4. GLUT.LIB
  5. OPENGL32.LIB

Step 3 : Pastikan juga File .dll untuk OpenGL ada di C:\windows\system32, meliputi :

  1. GLU32.DLL
  2. GLUT32.DLL
  3. GLUT.DLL
  4. OPENGL32.DLL

Step 2 : Membuat Project di MS Visual C++ dengan jenis project Win32 ApplicationStep 3 : Membuat Link ke Library OPenGL, caranya :

  1. Buka menu Project > Setting pada Visual C++ anda
  2. Klik pada Tab “LINK”
  3. di bawah “Object/Library Modules” di permulaan baris (sebelum kernel32.lib) tambahkan : OpenGL32.lib GLu32.lib dan GLaux.lib
  4. Klik OK

Step 4 : Tambahkan header-header untuk OpenGL pada program yang anda buat, yang meliputi :

#include <windows.h> //kalo belum ada

#include <gl\gl.h>

#include <gl\glu.h>

#include <gl\glaux.h>

Kalo Udah Tinggal buat program untuk pemakaian OpenGLnya.

Advertisements
  1. December 5, 2007 at 5:25 am

    ganbatte ne…
    ^^ /

  2. edogawa
    March 11, 2008 at 4:44 am

    download file2 ntu dr mana mas,,??

    bs minta link nya gak,,???

    plis ya mas,,,???

  3. March 24, 2008 at 8:04 am

    @edogawa
    bisa di donlot di http://oc.its.ac.id/detilmateri.php?idp=268

  4. March 24, 2008 at 11:14 am
  5. September 12, 2008 at 7:40 pm

    Ton, gak perlu dimasukin di include & library VC 6.0 bukannya juga bisa?

    Masukin di folder project’nya aja…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: